Ingin Baterai Smartphone Tahan Lama? Begini Caranya !

Memang beda smartphone dengan ponsel jaman dahulu. Dari penggunaan sampai fungsi nya pun beda. Daya tahan baterai smartphone juga beda diba...

Memang beda smartphone dengan ponsel jaman dahulu. Dari penggunaan sampai fungsi nya pun beda. Daya tahan baterai smartphone juga beda dibanding ponsel jadul. Mungkin kalian merasa bahwa ponsel jadul bisa tahan lama karena baterainya kapasitasnya besar dibanding smartphone. Sebenarnya itu salah kaprah. Baterai ponsel jaman dahulu kapasitasnya kecil dibanding smartphone sekarang ini. Karena sistem operasinya dulu masih JAVA, Symbian, dll. hanya memerlukan sedikit energi saat pemakaiannya. Berbeda dengan sekarang yang sudah berkembang Android OS maupun iOS yang sudah marak menjadi OS masyarakat saat ini. Smartphone Android sangat banyak memakan daya energi karena dalam penggunaannya banyak sekali proses yang berjalan. Mulai dari System UI ( User Interface ) , System App ( Aplikasi Sistem ), Apps ( Aplikasi yang tertanam di Smartphone anda ), Widget, Wheather, Screen, dan lain sebagainya. Hal ini menyebabkan baterai smartphone Android maupun iOS cepat habis, apalagi kalau digunakan untuk main game, dan game itu HD. Sudah dipastikan baterai anda akan cepat habis seperti baterai yang bocor saja. Tapi tenang, dibawah ini saya akan jelaskan bagaimana cara merawat baterai smartphone agar dapat bertahan lama, tidak cepat habis, dan dapat digunakan seharian.

Menjaga baterai smartphone tahan lama bukanlah perkara yang mudah. Pasalnya, kegiatan akan update di sosial media sangatlah penting, banyak sekali informasi yang akan ketinggalan jika kita menonaktifkan smartphone kita saat genting. Maka, ada cara untuk mensiasati bagaimana baterai smartphone tahan lama atau awet penggunaannya. Berikut 10 tips dari admin untuk mempertahankan baterai smartphone agar awet :

1. Gunakan Jaringan EDGE

 

Anda pasti kebanyakan menggunakan jaringan H+ atau H bahkan ada yang sudah menggunakan jaringan 4G LTE. Sebenarnya jaringan ini sangat memakan daya baterai saat diaktifkan. Anda bisa membandingkan dengan mengganti jaringan HSDPA ini dengan jaringan EDGE atau 2G. Pasalnya, untuk sosial media saja 2G bisa mengangkat kok. Anda tidak perlu mengaktifkan jaringan 3G. Gunakan jaringan 3G hanya saat anda butuhkan load yang besar seperti steraming video, main PATH, buka Instagram dsb karena mereka akan banyak membutuhkan data.

2. Gunakan Wi-Fi 

Apabila di suatu ruangan anda tercangkup jaringan Wifi, ada baiknya anda menonaktifkan paket data anda dan beralih menggunakan Wifi setempat. Karena jaringan wifi lebih stabil dibanding jaringan kartu anda. Dengan menggunakan jaringan wifi dijamin baterai anda akan lebih tahan lama.

3. Aktifkan Aeroplane Mode

Saat anda kuliah, dalam kelas, atau saat tidur adalah saat dimana anda tidak membutuhkan smartphone anda. Ada baiknya pada saat - saat seperti ini anda mematikan semua aktifitas ponsel anda seperti Location, Data Paket, Wifi, Sinkronisasi, Bluetooth dan sebagainya yang berpotensi menguras daya baterai, dan aktifkan Aeroplane Mode. Fungsi mode ini adalah sebenarnya saat anda ketika berada di pesawat. Tugasnya adalah mematikan jaringan anda, sehingga anda tidak mendapatkan SMS maupun Telepon dari luar. Dengan diaktifkannya Aeroplane mode ini maka anda akan dapat menghemat baterai karena ponsel tidak akan mencari jaringan.

4. Nonaktifkan Auto-Brigtness

Layar merupakan komposisi utama yang banyak memakan daya baterai. Untuk itu perlu siasat untuk menjaga agar baterai smartphone tahan lama. Salah satunya adalah dengan menonaktifkan auto brightness dan mensetting kecerahan layar maksimal 30%. Saya pribadi mensetting kecerahan layar pada 0%. Apabila anda dalam kondisi yang banyak cahaya anda bisa mencari tempat yang agak gelap agar smartphone anda kelihatan. Simpel kan?

5. Nonaktifkan Auto Update

Auto Update memerlukan daya karena sistem harus terus melakukan check apakah ada update terbaru. Maka dari itu nonaktifkan lah auto update baik sistem maupun aplikasi. Ini akan menghemat baterai smartphone.

6. Gunakan Greenify

Aplikasi Greenefy dapat menonaktifkan aplikasi yang berjalan dilatar belakang, hal ini akan sangat bermanfaat bagi kalian yang banyak menginstall aplikasi. Baca : Menghemat Baterai dengan Greenify

7. Charge Smartphone Hingga Full

Selalu charge smartphone sampai full baru dicabut dan digunakan kembali, jangan setengah - setengah saat melakukan pengisian. Mengisi baterai smartphone dalam keadaan mati juga dapat merawat agar baterai bisa awet dalam pemakaiannya.

8. Setting Layar Mati dalam 15 detik

Saat layar smartphone menyala, daya baterai akan selalu terkuras, maka untuk mengatasinya setting layar mati dalam waktu yang singkat seperti 30 detik, atau paling minim yaitu rata-rata smartphone 15 detik.

9. Update Sistem 

Update adalah salah satu hal yang penting yang kadang tidak diperhatikan oleh pengguna smartphone. Dengan melakukan update anda akan mendapatkan pembaharuan mengenai bug sistem yang telah diperbaiki, baterai indikator yang salah, dan sebagainya.

10. Gunakan Smartphone Sewajarnya

Smartphone bukan konsol atau Playstation yang digunakan hanya untuk main game. Maka dari itu bijaklah menggunakan smartphone. Menggunakan smartphone hanya untuk main game adalah hal yang tidak semestinya dilakukan. Gunakanlah smartphone untuk mencari informasi, membagikan informasi, untuk bersosialisasi dan menyelesaikan tugas dan sebagainya, agar masalah manusia lebih mudah dipecahkan.

10 Poin diatas adalah saran dari admin. Buktinya adalah smartphone admin yang mampu bertahan berhari-hari dengan menerapkan tips diatas. Kalau ada tambahan silahkan ditambahkan dikomentar nanti InsyaAllah saya tambahkan di postingan. Terima kasih. Jangan lupa share ya!

Name

Acer Action Cam Air Pods Pro Android Android Apps Android Games Aplikasi Apple Artikel ASUS Bip Computer Design Download Ebook Engineering Facebook Fotografi Galaxy A02 GalaxyA32 GalaxyA52 GalaxyA72 GalaxyM12 GAMES Helio G80 Honor V40 Huawei Huawei Matepad 11 Instagram INTERNET iPhone iPhone 7 Plus iPhone 8 iPhone 8 Plus iPhone SE iPhone SE2021 iPhone X iPhone XR iPhone13 Kamera Laptop Movie MUSIC My Life News Operating System Oppo Oppo A55 5G PlayStation Request Design Review ROG ALLY Samsung Sharp Smartphone Smartwatch SOFTWARE Tablet Telegram Trick and Tutorial Turki Vivo Vivo Y20G Website WhatsApp xiaomi
false
ltr
item
BacaTekno.com: Ingin Baterai Smartphone Tahan Lama? Begini Caranya !
Ingin Baterai Smartphone Tahan Lama? Begini Caranya !
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEiUxhMPuZGqzHjkWCpdthMUWkFXiJK-ZLm2yVc9HOnRDH2rglo-J0ZEpyajIBQFzSZMuFB-Q_XNoY62kkgKkFmRW3MnY7WS20NFCubAWsGJDhAkjSBkX1S3t-DfYNN7Hf4dM2n1UjV9a2lE/s320/10-smartphone-android-dengan-baterai-paling-tahan-lama.jpg
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEiUxhMPuZGqzHjkWCpdthMUWkFXiJK-ZLm2yVc9HOnRDH2rglo-J0ZEpyajIBQFzSZMuFB-Q_XNoY62kkgKkFmRW3MnY7WS20NFCubAWsGJDhAkjSBkX1S3t-DfYNN7Hf4dM2n1UjV9a2lE/s72-c/10-smartphone-android-dengan-baterai-paling-tahan-lama.jpg
BacaTekno.com
https://www.bacatekno.com/2015/09/tips-agar-baterai-smartphone-tahan-lama.html
https://www.bacatekno.com/
https://www.bacatekno.com/
https://www.bacatekno.com/2015/09/tips-agar-baterai-smartphone-tahan-lama.html
true
2179967850170407357
UTF-8
Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All ARTIKEL MENARIK LAINNYA LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy