Baterai ASUS Zenfone 2 cepat habis? Inilah penyebabnya!

Saya kemarin membeli produk ASUS yang menggemparkan dunia smartphone indonesia dengan hadirnya ASUS Zenfone generasi kedua yaitu ASUS Zenf...

Saya kemarin membeli produk ASUS yang menggemparkan dunia smartphone indonesia dengan hadirnya ASUS Zenfone generasi kedua yaitu ASUS Zenfone 2. Ada beberapa varian yang dibawa oleh ASUS Zenfone 2 ini mulai dari ZE500CL, ZE550ML, ZE551ML. Saya memutuskan untuk membawa ASUS Zenfone 2 ZE550ML karena sesuai dengan budget dan spesifikasi yang saya butuhkan. Setelah saya bawa pulang, saya menggunakan HH baru saya untuk sekedar chatting dan browsing. Tak disangka, waktu berlalu dan baterai Zenfone saya mendekati level kritis dan harus di charge. Saya heran, dengan kapasitas baterai 3000 mAh kenapa habisnya cepat sekali. Selidik punya selidik, ternyata banyak faktor yang harus anda ketahui tentang baterai smartphone yang berpengaruh terhadap performance dan quality smartphone tersebut. Nah, pada kesempatan kali ini saya akan memberikan pengetahuan tentang hal-hal yang membuat baterai android cepat habis atau boros. Simak ya !

(Sumber : teknologi.metronews.com)
Ada beberapa faktor yang harus diperhatikan antara baterai dan spesifikasi smartphone yang biasanya tidak dipahami oleh pengguna smartphone. Kadang ada yang komplain bahwa baterai dengan kapasitas 1500 mAh dengan 3000 mAh sama borosnya, tanpa melihat spesifikasi masing-masing smartphonenya. Jadi, tiap smartphone memiliki spesifikasi sendiri-sendiri, mulai dari segi prosesor, RAM, VGA, Layar, Baterai, dan lain sebagainya. Harus anda ketahui bahwa dengan spesifikasi yang tinggi maka dibutuhkan daya yang tinggi pula. Baiklah saya jelaskan satu persatu dibawah ini :

1. Prosesor 

(Sumber : google.com)
Anda terlalu sibuk mencari spesifikasi smartphone tanpa mengetahu resiko dan konsekuensinya. Mungkin itu ungkapan yang pas bagi mereka yang berlomba-lomba mengejar spesifikasi smartphone handal tanpa peduli bagaimana kapasitas baterai yang memadai. Semakin besar kemampuan prosesor, 1,6 Ghz, 1,8 Ghz, 2,3 Ghz, maka akan semakin besar pula daya yang dibutuhkan oleh prosesor. Ini menjadi faktor mengapa baterai android anda meski kapasitasnya besar juga cepat habis. Selain itu jumlah core yang ada pada prosesor android juga membutuhkan daya. Anda pasti tidak asing dengan dual core, quad core, okta core. Semakin banyak core, maka semakin banyak pula daya baterai yang dibutuhkan, be smart guys.

2. RAM

( Sumber : http://cdn.oprekandroid.com )

Anda seorang gamer ? Mencari smartphone dengan RAM yang besar? 1GB? 2GB? 4GB? Sah-sah saja anda mencari smartphone dengan kapasitas RAM besar untuk bermain game. Tapi ingat, game yang anda jalankan tidak membutuhkan semua kapasitas RAM yang anda inginkan. Misal, game Dead Trigger 2 hanya membutuhkan kisaran 100MB dari 4GB RAM. Clash of Clans hanya membutuhkan kisaran 50MB dan lain sebagainya. Anda juga tidak selalu memainkan beberapa game sekaligus kan? Jadi pikirkan, space RAM yang amat besar diperuntukkan bagi mereka yang ingin memperlancar multitasking, sementara jika anda merupakan gamer multitasking sah sah saja, tapi dengan RAM yang besar, artinya akan banyak proses yang berjalan, proses yang berjalan membutuhkan daya, sehingga kapasitas baterai juga akan berkurang. Percaya atau tidak, silahkan buktikan sendiri.

3. Kecerahan Layar

 ( Sumber : http://media.pricebook.co.id/ )
Jika anda pengguna ASUS Zenfone 2, maka anda harus tahu kalau ASUS Zenfone 2 sudah dibekali layar IPS dengan kedalaman pixel mencapai 400 ppi. Hal ini membuat layar ASUS Zenfone 2 dapat dilihat dengan jelas dari semua sisi meskipun dalam keadaan banyak sinar matahari sekalipun. Hal yang perlu digaris bawahi adalah apabila anda mengatur kecerahan layar, usahakan jangan menggunakan AUTO. Karena dengan AUTO smartphone diberi tugas untuk menyesuaikan setiap kondisi smartphone agar kecerahan cahayanya pas. Dan hal ini tentunya membuat baterai bekerja beberapa kali untuk mengatur cahaya. Settinglah ke yang paling rendah atau dark. Anda masih bisa melihat dengan jelas dengan ASUS Zenfone 2 kesayangan anda.

4. Aplikasi dan Fitur yang berjalan

(Sumber : http://ngulik.co )
Anda pasti tahu kalau BBM, LINE, Whatsapp semuanya berjalan dilatar belakang setelah anda keluar dari aplikasi tersebut. Anda bisa melihatnya langsung di setting-Aplikasi-Menjalankan dan anda akan melihat aplikasi-aplikasi yang berjalan disana. Semakin banyak aplikasi yang berjalan artinya semakin banyak ruang RAM terisi dan itu berarti penggunaan daya semakin banyak pula. Maka, selektif lah dalam menggunakan aplikasi android. Pasang aplikasi yang hanya anda butuhkan. Selain itu, matikanlah fitur-fitur bawaan ASUS Zenfone 2 seperti Wi-fi, GPS, Location, apabila tidak diperlukan. Fitur-fitur ini banyak sekali memakan daya baterai.

5. Widget

(Sumber : http://oketekno.com)
Anda suka memasang widget cuaca, kalender, Do it later, dan sebagainya ? Sadarkah bahwa widget ini memakan daya ASUS Zenfone 2 anda? Menggunakan widget seperti cuaca membuat cuaca akan merefresh selama jangka waktu tertentu untuk memperbarui kondisi iklim di daerah anda. Tentunya ini memakan daya baterai. Maka nonaktifkan pembaruan cuaca berkala, perbarui hanya ketika anda membuka cuaca saja. Kalau tidak berguna banyak, di nonaktifkan saja.


Ada banyak sekali faktor yang lain yang bisa saya bahas nanti dipertemuan selanjutnya. Pada posting selanjutnya akan saya bahas cara mengoptimalkan baterai ASUS Zenfone 2. Nah untuk saat ini bisa diperbaiki dahulu hal-hal yang membuat baterai Zenfone 2 cepat boros seperti yang saya tunjukkan diatas. Semoga baterai asus zenfone 2 tetap tahan lama dan dapat digunakan untuk kepentingan masing-masing.

Jangan lupa komentar ya !

Name

Acer Action Cam Air Pods Pro Android Android Apps Android Games Aplikasi Apple Artikel ASUS Bip Computer Design Download Ebook Engineering Facebook Fotografi Galaxy A02 GalaxyA32 GalaxyA52 GalaxyA72 GalaxyM12 GAMES Helio G80 Honor V40 Huawei Huawei Matepad 11 Instagram INTERNET iPhone iPhone 7 Plus iPhone 8 iPhone 8 Plus iPhone SE iPhone SE2021 iPhone X iPhone XR iPhone13 Kamera Laptop Movie MUSIC My Life News Operating System Oppo Oppo A55 5G PlayStation Request Design Review ROG ALLY Samsung Sharp Smartphone Smartwatch SOFTWARE Tablet Telegram Trick and Tutorial Turki Vivo Vivo Y20G Website WhatsApp xiaomi
false
ltr
item
BacaTekno.com: Baterai ASUS Zenfone 2 cepat habis? Inilah penyebabnya!
Baterai ASUS Zenfone 2 cepat habis? Inilah penyebabnya!
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEgGBvFuY4eCAzFFxezmcAHIFWdPiIUJOfGpjBjrw4meGzxJ9H3fWrZmIHZxoMM6HZwklL3TdHZx9TRN4mYTauzmd3kIMtQIpp-g9eO_Byg9S31GGv5OxZuAKrCRCNMHUBk1kohrmkW6eHUn/s320/Back.jpg
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEgGBvFuY4eCAzFFxezmcAHIFWdPiIUJOfGpjBjrw4meGzxJ9H3fWrZmIHZxoMM6HZwklL3TdHZx9TRN4mYTauzmd3kIMtQIpp-g9eO_Byg9S31GGv5OxZuAKrCRCNMHUBk1kohrmkW6eHUn/s72-c/Back.jpg
BacaTekno.com
https://www.bacatekno.com/2015/08/hal-yang-menyebabkan-baterai-asus-zenfone-2-cepat-habis.html
https://www.bacatekno.com/
https://www.bacatekno.com/
https://www.bacatekno.com/2015/08/hal-yang-menyebabkan-baterai-asus-zenfone-2-cepat-habis.html
true
2179967850170407357
UTF-8
Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All ARTIKEL MENARIK LAINNYA LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy