SBMPTN 2013

Galang Community - Selamat malam G-Fans? Lama tidak berjumpa, itupun karena saya sedang mempersiapkan diri untuk masuk di Perguruan Tinggi...

Galang Community - Selamat malam G-Fans? Lama tidak berjumpa, itupun karena saya sedang mempersiapkan diri untuk masuk di Perguruan Tinggi, semoga saja bisa masuk PTN. Nah saya disini ingin share tentang SBMPTN 2013. Kenapa saya share tentang SBMPTN 2013 ? Karena saya juga tidak lolos di SNMPTN sama seperti pejuang tulis SBMPTN lainnya hehehe. -_-



Disini saya akan memberikan informasi penting terkait dengan pelaksanaan SBMPTN 2013.
Hal ini saya lakukan karena masih banyak yang bingung dan bertanya tanya seputar SBMPTN 2013 ini. Nah bagi yang belum mengerti, silahkan baca semua informasi yang saya berikan dibawah ini :

A. TANGGAL PENTING



B. PENDAFTARAN
  1. Pendaftaran dilakukan secara online dan tata cara pendaftaran secara lengkap dapat dilihat pada laman http://ujian.sbmptn.or.id.
  2. Tatacara pengisian borang pendaftaran ujian tertulis dan keterampilan dapat diunduh (download) dari laman http://download.sbmptn.or.id mulai tanggal 30 April 2013.
  3. Pendaftaran online dimulai dari tanggal 13 Mei 2013 pukul 08.00 WIB s.d 7 Juni 2013 pukul 22.00 WIB.
  4. Bagi pendaftar yang ingin mendapatkan koneksi Internet untuk pendaftaran online dapat memanfaatkan akses Internet via hotspot (Indonesia wifi / @wifi.id) di Plasa Telkom.
C. JENIS UJIAN

Ujian Tulis

  • Tes Potensi Akademik (TPA).
  • Tes Kemampuan Dasar Umum (TKDU) terdiri atas kemampuan Matematika Dasar, Bahasa Indonesia, dan Bahasa Inggris.
  • Tes Kemampuan Dasar Saintek (TKD Saintek) terdiri atas kemampuan Matematika, Biologi, Kimia, dan Fisika.
  • Tes Kemampuan Dasar Sosial dan Humaniora (TKD Soshum) terdiri atas kemampuan Sosiologi, Sejarah, Geografi, dan Ekonomi.

Ujian Keterampilan

  • Ujian keterampilan diperuntukkan bagi peminat Program Studi bidang Ilmu Seni dan Keolahragaan.
  • Ujian Keterampilan Bidang Ilmu Seni terdiri atas tes pengetahuan dan keterampilan bidang ilmu seni.
  • Ujian Keterampilan Bidang Ilmu Keolahragaan terdiri atas tes kesehatan dan kesegaran jasmani.
  • Ujian Keterampilan dapat diikuti di PTN terdekat yang memiliki program studi yang dipilih. Daftar PTN penyelenggara ujian keterampilan secara lengkap dapat dilihat di lamanhttp://www.sbmptn.or.id.
D. Kelompok Program Studi dan Jumlah Pilihan
  1. Program Studi yang ada di PTN dibagi menjadi dua kelompok, yaitu Program Studi Kelompok Saintek dan Program Studi Kelompok Soshum.
  2. Peserta dapat memilih program studi sesuai dengan kelompok ujian yang diikuti, yaitu:
    1. Kelompok ujian Saintek dapat memilih sebanyak-banyaknya 3 (tiga) program studi dari kelompok program studi Saintek,
    2. Kelompok ujian Soshum dapat memilih sebanyak-banyaknya 3 (tiga) progarm studi dari kelompok program studi Soshum, dan
    3. Kelompok ujian Campuran dapat memilih sebanyak-banyak 3 (tiga) program studi yang merupakan campuran dari program studi kelompok sainstek dan kelompok program studi kelompok soshum.
  3. Urutan dalam pemilihan program studi menyatakan prioritas pilihan.
  4. Peserta ujian yang hanya memilih 1 (satu) program studi, dapat memilih program studi di PTN manapun.
  5. Peserta ujian yang memilih 2 (dua) program studi atau lebih, salah satu pilihan program studi tersebut harus dari PTN yang berada dalam satu wilayah tempat peserta mengikuti ujian. Pilihan program studi yang lain dapat dari PTN di luar wilayah tempat peserta mengikuti ujian.
  6. Daftar wilayah pendaftaran, program studi, daya tampung tahun 2013, dan jumlah peminat program studi tahun 2012 dapat dilihat di laman http://www.sbmptn.or.id mulai tanggal 15 Maret 2013.
E. Biaya
  1. Biaya seleksi peserta SBMPTN ujian tertulis untuk kelompok ujian Saintek atau Soshum sebesar Rp. 175.000,00, sedangkan untuk kelompok ujian Campuran sebesar Rp 200.000,00.
  2. Biaya seleksi untuk ujian keterampilan sebesar Rp 150.000,00 per jenis ujian keterampilan.
  3. Biaya seleksi dibayarkan ke Bank Mandiri. Jika dalam suatu daerah tidak ada kantor pelayanan Bank Mandiri, maka biaya seleksi dapat dibayarkan melalui Kantor Pos setempat atau ATM Bersama. Untuk lebih jelasnya dapat dilihat dibawah ini
  4. Biaya yang sudah dibayarkan tidak dapat ditarik kembali dengan alasan apapun.
F. Ketentuan dan Prosedur Pembayaran 

Sehubungan dengan penutupan pembayaran SBMPTN pada tanggal 7 Juni 2013 dan mengingat mekanisme pembayaran dari non Bank Mandiri membutuhkan waktu H+1 bagi siswa-siswa untuk mendapatkan KAP dan PIN, maka :
  1. Pembayaran dari non Bank Mandiri paling lambat diterima pada tanggal 5 Juni 2013.
  2. Sedangkan untuk pembayaran di channel Bank Mandiri tetap tidak ada perubahan, yaitu tanggal 7 Juni 2013.

Ketentuan Pembayaran:

Untuk melakukan pembayaran biaya seleksi, calon peserta dikelompokkan menjadi lima kategori, seperti ditunjukkan dalam tabel berikut:
KATEGORI
MENDAFTAR SNMPTN 2013
DITERIMA SEBAGAI CALON PESERTA BIDIKMISI
LULUS SNMPTN 2013
BIAYA SELEKSI
1
Tidak
Tidak
-
Bayar
2
Tidak
Ya
-
Tidak Bayar
3
Ya
Ya
Tidak
Tidak Bayar
4
Ya
Tidak
Ya/Tidak
Bayar
5
Ya
Ya
Ya
Bayar


  • Bagi calon peserta kategori 1, pembayaran biaya SBMPTN harus menggunakan menu10000 untuk pembayaran yang dilakukan melalui Internet Banking atau ATM, atau menggunakan pilihan Bayar Awal untuk pembayaran yang dilakukan melalui Kantor Cabang Bank Mandiri atau SMS Banking.
  • Bagi calon peserta kategori 2 atau 3, tidak perlu membayar biaya SBMPTN.
  • Bagi calon peserta kategori 4 atau 5, pembayaran biaya SBMPTN harus menggunakan menu 10001 untuk pembayaran yang dilakukan melalui Internet Banking atau ATM, atau menggunakan pilihan Tambah Bayar untuk pembayaran yang dilakukan melalui Kantor Cabang Bank Mandiri atau SMS Banking.

Prosedur Pembayaran:

Pembayaran SBMPTN 2013 menggunakan menu Pembayaran Pendidikan, jadi siswa ataupun pembayartidak perlu mencantumkan nomor rekening SBMPTN, karena sudah otomatis muncul pilihan pembayaran di channel Bank Mandiri. Pembayaran dapat dilakukan melalui channel berikut:
  1. Mandiri Internet
  2. Mandiri ATM
  3. Mandiri SMS
  4. Cabang Bank Mandiri
  5. Kantor Pos, atau Kliring/RTGS, atau ATM Bank lain berlogo ATM Bersama, Link & Prima (hanya untuk daerah yang tidak terdapat cabang maupun ATM Bank Mandiri)
G. Peserta Pelamar Bidik Misi
  1. Calon peserta program Bidikmisi terlebih dahulu harus mempelajari prosedur pendaftaran program Bidikmisi melalui laman http://bidikmisi.dikti.go.id.
  2. Calon peserta program Bidikmisi terlebih dahulu harus mendaftar ke lamanhttp://bidikmisi.dikti.go.id.
  3. Calon peserta program Bidikmisi yang tidak mendaftar SNMPTN dan dinyatakan memenuhi persyaratan oleh Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, akan memperoleh KAP dan PIN untuk mendaftar SBMPTN melalui laman http://ujian.sbmptn.or.id, tanpa harus membayar biaya ujian.
  4. Calon peserta program Bidikmisi yang mendaftar SNMPTN dan dinyatakan tidak lulus, boleh mendaftar SBMPTN tanpa harus membayar biaya seleksi dengan menggunakan KAP dan PIN SBMPTN yang harus diperoleh melalui Bidikmisi Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
  5. Calon peserta program Bidikmisi yang mendaftar SNMPTN dan dinyatakan lulus, boleh mendaftar SBMPTN tetapi harus membayar biaya seleksi dengan menggunakan KAP SBMPTN yang harus diperoleh melalui Bidikmisi Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
H. Pengumuman Hasil
Hasil ujian akan diumumkan pada hari Jum'at, 12 Juli 2013 mulai pukul 17.00 WIB dan dapat diakses di laman http://www.sbmptn.or.id.

I. Kontak
Daftar Kontak dari Panitia SBMPTN ada dibawah ini :
banner sbmptn twitter banner sbmptn facebook banner sbmptn helpdesk banner sbmptn call

Alamat Panitia SBMPTN 2013: Direktorat Pendidikan, Gedung Rektorat ITB lantai 4, Jl. Tamansari No.64 Bandung 40116. Telp/Fax. (022) 2530689, e-mailpanitia@sbmptn.or.id.


J. DAFTAR PANLOK 

[-] Wilayah I


[-] Wilayah II


[-] Wilayah III


[-] Wilayah IV



Semua Informasi diatas diadaptasi langsung dari situs resmi nya di http://sbmptn.or.id
bagi yang sudah mendapatkan PIN dan KAP bisa login di http://ujian.sbmptn.or.id

Bagi yang masih belum mengerti bisa meninggalkan komentar dibawah atau kontak langsung panitia SBMPTN seperti yang saya berikan diatas.

Sebagai tambahan silahkan ke http://download.sbmptn.or.id/ untuk tata cara dan informasi lebih lanjut.

Semoga informasi diatas dapat membantu kita semua dalam melaksanakan SBMPTN 2013 dan semoga kita semua lulus SBMPTN 2013. Amiin.

Name

Acer Action Cam Air Pods Pro Android Android Apps Android Games Aplikasi Apple Artikel ASUS Bip Computer Design Download Ebook Engineering Facebook Fotografi Galaxy A02 GalaxyA32 GalaxyA52 GalaxyA72 GalaxyM12 GAMES Helio G80 Honor V40 Huawei Huawei Matepad 11 Instagram INTERNET iPhone iPhone 7 Plus iPhone 8 iPhone 8 Plus iPhone SE iPhone SE2021 iPhone X iPhone XR iPhone13 Kamera Laptop Movie MUSIC My Life News Operating System Oppo Oppo A55 5G PlayStation Request Design Review ROG ALLY Samsung Sharp Smartphone Smartwatch SOFTWARE Tablet Telegram Trick and Tutorial Turki Vivo Vivo Y20G Website WhatsApp xiaomi
false
ltr
item
BacaTekno.com: SBMPTN 2013
SBMPTN 2013
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEhC0e_yDtH4ZNx8kRn5gj9IR_2CY9nEIyR-keuAtvokPgLz6hzHZDW5JvI1KkWfWh6NSLtTtNpsZThd-VBudDdORtPGO4RX-EfK6C7PRxJsvbYCziA7JITJ45kwsNafFh2Uhn2L-PDHUh7N/s320/sbmptn-2013.jpg
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEhC0e_yDtH4ZNx8kRn5gj9IR_2CY9nEIyR-keuAtvokPgLz6hzHZDW5JvI1KkWfWh6NSLtTtNpsZThd-VBudDdORtPGO4RX-EfK6C7PRxJsvbYCziA7JITJ45kwsNafFh2Uhn2L-PDHUh7N/s72-c/sbmptn-2013.jpg
BacaTekno.com
https://www.bacatekno.com/2013/06/info-sbmptn-2013.html
https://www.bacatekno.com/
https://www.bacatekno.com/
https://www.bacatekno.com/2013/06/info-sbmptn-2013.html
true
2179967850170407357
UTF-8
Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All ARTIKEL MENARIK LAINNYA LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy